• Tentang Penulis

    Selamat Datang Di Echo Dot Com Gerbang Informasi Menuju Insan Berilmu Mari Bergabung dan berbagi ilmu, bagi para pengunjung yang sudah mampir jangan lupa meninggalkan komentar ya...? untuk kemajuan dan kesempurnaan blog ini, Terima Kasih. Jaya Blogger Indonesia
  • Kategori

  • Komentar dan Saran

Terminal Tanjung Harapan Tak Layak Pakai

SELATPANJANG–Menghadapi arus mudik Idul Fitri 2008 ini, sempat membuat cemas Kepala Syahbandar Selatpanjang. Pasalnya, selain kemungkinan terjadinya lonjakan jumlah penumpang yang akan turun dan naik dari pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang, kondisi ponton pelabuhan sudah sangat berumur dan dianggap tak layak pakai.

Untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk, upaya pelayanan di pelabuhan diperketat dengan mengaktifkan posko pengamanan arus mudik. Hal ini diungkapkan Kepala Syahbandar Selatpanjang H Syahrial SH MH kepada Riautoday.com, Jumat (19/9) seusai menggelar rapat koordinsi pengamanan arus mudik di Pelabuhan Tanjung Harpaan.

“Kalau persoalan angkutan arus mudik, kita tidak terlalu khawatir. Untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang, kita sudah mempersiapkan 15 buah kapal veri cepat dan dua speed boat Porti dan Garuda untuk menunjang arus mudik. Yang sangat kita khawatirkan justru soal kondisi ponton pelabuhan yang sudah berumur dan kita nilai tak lagi layak untuk menampung arus mudik yang jumlahnya diperkirkan mencapai 50.000 penumpang. Untuk itu, sebagai langkah antisipasinya kita akan memperketat arus penumpang yang naik dan turun agar tidak menumpuk diponton,” ujar Kepala Syahbandar.

Menuru Syahrial, melihat dari kondisi ponton memang sudah sangat berumur dan sudah saatnya untuk diganti dengan yang baru dengan kapasitas yang lebih besar. Sebagai realisasinya, pihak Administrator Pelabuhan Tanjung Harapan sebenarnya sudah mengajukan permohonan penggantian ponton ke pihak PT Pelindo pusat selaku pihak yang memiliki wewenang mengendalikan aktivitas pelabuhan.

Namun permintaan penggantian ponton tersebut tidak mendapat respon dari pihak direksi PT Pelindo pusat, dan mau tidak mau pihak adminstrator pelabuhan mengoptimalkan fasilitas yang ada.

Dan sebagai langkah pengamanan, pihak adminstrator pelabuhan terpaksa mengoptimalkan pengamanan dengan memperketat arus penumpang yang akan turun dan naik untuk tidak menumpuk di ponton.

Soalnya kalau sampai penumpang menumpuk dikhawatirkan akan mengakibatkan over kapasitas yang sewaktu-waktu bisa menenggelamkan ponton. Hal inilah yang harus dihindari, kalau hal ini terjadi bukan tidak mungkin akan menimbulkan korban pada calon penumpang.

Dikatakannya lagi, untuk mengantisipasi ledakan arus mudik yang turun dan naik dari Pelabuhan Tanjung Harapan saat ini pihak administrator pelabuhan sudah menyiapkan 15 unit kapal veri cepat.

Selain itu, pihak adminstrator juga mempersiapkan dua unit speed boat Garuda, Porti dan kapal angkutan kelas ekonomi KM Jelatik untuk beroperasi secara serentak setiap harinya. Dengan upaya ini, lonjakan calon penumpang yang diperkirkan lebih dari 50.000 orang ini bisa teratasi.

Soalnya, berdasarkan data statistik hampir setiap tahunnya jumlah penumpang yang naik dan turun dari Pelabuhan Tanjung Harapan sering terjadi kenaikan.

“Untuk tahun ini kita belum bisa memprediksi secara pasti berapa persen kenaikan jumlah penumpang yang akan naik dan turun dari pelabuhan Tanjung Harapan. Namun kalau mengacu pada data tahun sebelumnya, kita perkirakan jumlah penumpang yang naik dan turun lebih dari 55.759 orang,”paparnya.

Soal kapasitas penumpang yang disediakan untuk 2008 ini, sama seperti 2007 sejumlah 89.258 orang. Apakah kapasitas ini akan terisi semua atau tidak, belum bisa dipastikan. ”Yang jelas, kita berupaya agar tidak ada calon penumpang yang terlantarkan akibat tidak kebagian tempat duduk,” sebutnya.(ade)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: